Comptech 2018 – Nusantara Menuju Revolusi Industri 4.0

Persaingan global yang kian meningkat berdampak pada Indonesia sebagai negara berkembang. Pasar bebas ASEAN yang dimulai sejak tahun 2015 silam membuat negara lain bebas masuk dan mempengaruhi perkembangan ekonomi Indonesia. Hingga kini diketahui bahwa daya saing Indonesia turun dari peringkat ke-37 menjadi peringkat ke-41. Daya saing yang kuat merupakan modal bangsa untuk menjadi salah satu negara yang maju di dunia. Pentingnya memiliki jiwa bersaing harus ditumbuhkan sejak dini.

Kompetisi menjadi salah satu solusi bagaimana budaya bersaing dapat diterapkan. Dalam hal ini kompetisi perlombaan yang akan diterapkan yaitu dalam bidang IT. Globalisasi teknologi yang kian pesat dari tiap tahunnya menjadi alasan penting untuk meguasai IT agar tidak tertinggal dalam era globalisasi dunia.
Competition of Technology atau lebih sering disebut COMPTECH adalah acara lomba tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Elektro dan Informatika (HMEI) Institut Teknologi Sumatera. Seperti namanya, COMPTECH merupakan perlombaan berbasis technology yang digelar secara rutin tiap tahun untuk menyemarak peringatan Dies Natalis HMEI. COMPTECH 2018 juga merupakan rangkaian acara dari Dies Natalis ke-4 Institut Teknologi Sumatera (ITERA). COMPTECH 2018 mengusung tema “Nusantara Menuju Revolusi Industri 4.0”.

Tujuan dari comptech adalah Sebagai salah satu rangkaian dari peringatan hari jadi HMEI yang ke-3
MEIDAY 2018 (Mahasiswa Elektro dan Informatika Day 2018) dan
Dies Natalis ke-4 Institut Teknologi Sumatera. Dan juga Melaksanakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu penelitian dan pengembangan.
Untuk manfaat itu sendiri adalah Meningkatkan kemampuan bidang teknologi untuk peserta “COMPTECH 2018”.
Meningkatkan kreatifitas pelajar tingkat SMA dan Sederajat serta Mahasiswa selaku peserta “COMPTECH 2018”.

Untuk kategori perlombaan terbagi menjadi 2 tingkat nasional dan tingkat sumbagsel. untuk tingkat nasional terdapat 3 perlombaan yaitu Programming Contest, LKTI dan Bisnis TIK. untuk tingkat sumbagsel yaitu Web Design, Administrasi Server, LCT, Robotik, Photography, Programming contest. Dengan total hadiah Puluhan juta rupiah

Acara comptech itu sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 1 – 2 September 2018 di Institut Teknologi Sumatera
Untuk syarat dan ketentuan dari perlombaan comptech bisa cek di website di http://comptech.id

Untuk informasi lebih lanjut, follow instagram  @comptech_hmei dan Add OA @Line : @ieq0214f

Leave a Reply